Road To School RTS 2015 Arsitektur ITATS

Sudah ga asing lagi di telinga terutama mahasiswa arsitektur ITATS.karena hampir setiap tahun sudah menjadi agenda rutin HMJ Arsitektur ITATS. Sebelumnya, kawan –kawan pasti belum tau kana pa sih RTS itu dan kenapa kok setiap tahun menjadi agenda utama Himpunan. Begini penjelasannya guys, Road To School itu adalah salah satu acara dari HMJ Arsitektur ITATS yang mana dalam hal ini ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang dunia arsitektur pada masyarakat umum, terutama adik-adik di SMA Beberapa kota di Jawa Timur.

Acara yang terdapat di dalam RTS tersebut diantaranya adalah pameran maket, seminar-seminar seperti seminar maket, sketsa,pengenalan arsitektur dll, pelatihan-pelatihan seperti pelatihan auto cad, sketc up, sketsa gambit perspektif dan berbagai lomba diantaranya lomba foto groovy, lomba sketsa perspektif, dan lomba membuat maket.

Acara RTS 2015 ini di adakan di kota Kediri.tepatnya di SMAN 7 Kediri jalan penanggungan  Kediri. Tema yang di ambil dari RTS 2015 adalah Sharing the Tropical of Nusantara. Yang intinya tentang berbagi informasi tentang arsitektur nusantara yang tropis. Jadi bukan hanya arsitektur modern saja yang akan di tampilkan dalam acara ini tapi juga ingin melestarikan dan memperkenalkan arsitektur nusantara yang sangat eksotik.

Acara yang berlangsung 31 Agustus – 2 september ini didukung dari berbagai pihak, baik dari pihak SMAN7 kediri selaku penyedia tempat, maupun para senior, alumni dan dosen Arsitektur ITATS.Acara pertama di buka oleh wakil Kepala sekolah serta di saksikan oleh beberapa guru, dosen serta para siswa SMAN7 yang sangat antusias. Hari pertama langsung di serbu oleh banyak siswa dari SMA 7 Kediri, mereka mayoritas adalah perwakilan tiap kelas yang di khususkan untuk dating di acara pameran dan seminar arsitektur serta maket di hari pertama.

IMG_8346

(Kegiatan soft opening oleh perwakilan dari SMAN 7 Kediri)

IMG_8324

IMG_8365

IMG_8327

Setelah sambutan-sambutan dari perwakilan sekolah, dosen, panitia dan Osis acara dilanjutkan dengan presentasi dari Dosen Arsitektur ITATS Bapak Ir. F.Herman Hendra, MT yang membawakan tentang arsitektur dan maket. Bukan hanya itu saja, ada 2 dosen juga yang bersedia dating jauh-jauh ke Kediri. Diantaranya Ibu Ir. Ika Ratniarsih, MT dan Ibu Siti Azizah, MT.

IMG_6095

IMG_8370

Semakin siang dan semakin ramai pengunjung yang datang ke Aula SMAN7 Kediri ini, banyak siswa serta para guru yang datang melihat pameran dan beberapa diantaranya mengumpulkan maket untuk di lombakan by vote pada acara pameran yang berlangsung 3 hari tersebut. Antusiame pengunung semakin ramai ketika mereka berada di booth lomba foto groovy. Dengan berbagai aksi dan gaya mereka berfoto di area back drop pameran dan di masukan ke social media dengan harapan bisa memenangkan lomba foto tersebut.

IMG_6051

IMG_6092

Setelah makan siang berlanjut dengan pelatihan auto cad yang di bawakan oleh salah seorang panitia, yang mana setiap diajarkan tentang bagaimana mengoperasikan auto cad, membuat bentuk- bentuk dasar sampai membuat gambar kerja sederhana.  Dalam hal ini setiap group peserta di damping oleh beberapa tutor panitia hingga jika ada yang kesulitan dari peserta bisa langsung di tanyakan oleh tutor masing-masing.

IMG_6167

IMG_6170

IMG_6172

IMG_6192

DAYS 2

IMG_6193

IMG_6194

Days-2. Vote lomba mkaet dan pameran maket masih berjalan, dan acaranya tak kalah meriah dengan hari pertama, pada hari kedua ini terdapat seminar sketsa dan juga lomba sketsa. Dalam hal ini peserta lomba akan di jelaskan tentang sketsa perspektif, membuat garis, mengarsir yang benar, serta mebuat sketsa dari sudut pandang perspektif. Dan setelah pemaparan itu peserta langsung dapat membuat sketsa perspektif sesuai dengan objek yang di tentukan.

IMG_6258

IMG_6262

IMG_6263

IMG_6272

IMG_6277

IMG_6280

IMG_6285

Dan pada siang nya diadakan pelatihan sketch up, yang mana diharapakan peserta pelatihan secara general dapat membuat sebuah bentuk dasar, serta bentuk bangunan dalam 3 dimensi. Mekanismenya hampir sama dengan pelatihan auto cad pada hari sebelumnya.

IMG_6287

IMG_6288

Siang hari setelah jam makan siang acara di lanjutkan dengan lomba sketsa 3d dengan melihat objek yang ada di sekitar ara tersebut, seperti gedung Serbaguna dan beberapa gedung di sekitarnya.

IMG_6389

IMG_6409

IMG_6418

para peserta sangat antusias dengan mengerjakan lomba tersebut, sampai memilih tempat diamanpun mereka nyaman. seperti pada gambar di atas yang mana mereka dengan tekun dan enjoy membuat sketch dari pensil dan kertas mereka. tak lupa support dari para guru juga sangat membantu.

IMG_6501

IMG_6526

IMG_6529

DAYS 3

yah finally day, yang mana ini adalah acara puncak dan juga hari terakhir dari RTS HMJ Arsitektur ITATS 2015 ini.pada hari terakhir ini adalah serah terima dan juga pengumuman lomba-lomba yang diselengarakan beberapa hari sebelumnya.

IMG_6902

IMG_6903

IMG_6913

IMG_6937

IMG_6946

IMG_6952

IMG_6959

serah terima cindera mata dari pihak Sekolah SMAN 7 Kediri dengan ketua acara, Tio Bintang di sela-sela acara penutupan RTS 2015

IMG_6960

Behind the scene :

setelah kita mengupas tentang suksesnya acara Road To School 2015 di SMAN 7 Kediri. ini nih kita mau kupas juga gimana sih susah payahnya jadi panitia RTS. yah.. banyak pengalaman berkesan yang di dapat dalam acara tersebut. mulai suka, duka, dan juga berbagai pengalaman baru yang pasti sangat berkesan .

IMG_6964

IMG_6969

IMG_6984IMG_5881

IMG_5894

IMG_5907

IMG_5909

IMG_5924

IMG_5960

IMG_5969

thank you untuk semua pihak yang telah ikut serta dan turut mendukung dalam acara Road To School 2015, terima kasih buat panitia dan lain-lain. see you on RTS 2016.

Modern Architecture, Pabrik pengolahan minyak Atsiri, Tawangmangu #part 2

Ketika berbicara dengan bangunan terbengkalai, tidak menampik ada hal ini dan itu, namun ketika browsing di internet, bangunan ini memiliki ciri khas tersendiri. iya dan akhirnya menjadikan salah satu tujuan destinasi jalan-jalan arsitekur di Tawangmangu.

seilas browsing, bangunan ini adlaah salah satu bangunan yang di bangun tahun 1964 an. mengutip dari salah satu blog yangm engupas tentang atsiri di ruang17.wordpress.com , mulai ada sedikit gambaran tentang beckground bangunan itu. bangunan ini bergaya modern, dan di bangunan salah satu arsitek eropa.

sangat unik, ketika berkunjung kemarin.22 juli 2015. jika di lihat dari arah jalan raya Karanganyar- Tawangmangu sudah nampak sebuah bangunan kotak besar berada di antara area persawahan. siang itu kami langsung masuk ke kawasan pabrik, da kami bertemu dengan salah seorang yang sedang mencari pakan ternak. kami dianjurkan oleh beliau untuk meminta izin ke penjaga tempat ini, Pak Yanto yang berada di mess yang masih satu kompleks.

beliau sangat baik, setelah meminta izin kami langsung di izinkan untuk berkeliling di dalam kompleks bangunan pabrik tersebut. setelah memasuki area pabrik dari sisi belakang, sebuah bangunan dengan ciri modern yang kental sudah terlihat. roaster-roaster berjajar di setiap dindingnya. menghasilkan sebuah pola yang sangat unik. dan sangat tanggap juga dalam menyikapi arsitektur tropis pada daerah ini.

roaster expose dengan pola kotak dan ditata bergantian senada penatan bata yang juga bergungsi sebagai dinding memberikan sebuah kesan yang sangat berbeda. udara dan cahaya matahari dapat masuk secara maksimal ke ruang-ruang di dalam bangunan tersebut.

20150721_111132

salah satu yang mencuri perhatian saya adalah penggunaan kawat seling pada kanopi lantai 2 bangunan utama. baik dari railing yang menggunakan seling pola diagonal serta seling dari atap ke lantai 2 dengan pola yang sama juga. mungkin sebagai struktur atau hanya estetika, untuk seling yang satu ini saya ma kurang tau hhheee…

20150721_111537

pada bangunan ini terdapat sebuah jembatan unik yang mana jembatan ini menghubungkan bangunan utama dengan bangunan di sisi kanannya.tampak sekilas seperti jembatan penghubung biasa, namun expose strukturnya membuat ini menjadi beda. bentuk penyangga jembatan membelah menjadi dua kebawah. seperti huruf A, unik dan tidak biasa.

 20150721_111834

20150721_111952

20150721_112023

20150721_112352

20150721_112520

20150721_112610

 20150721_113537

20150721_113859

 IMG_7947

IMG_7973

IMG_7951

sekilas mengamati dan belajar tentang arsitektur modern karya seorang arsitek eropa, bahwa sekitar tahun 60an sudah ada sebuh bangunan yang unik di kawasan tawangmangu yang mana mampu memberikan sebuah warna tersendiri. selain itu sepertinya tren tersebut lagi booming juga sekarang, seperti penggunaan bahan roaster dan lain-lain.

Mencari bangunan karya Liem Bwan Tjie di Tawangmangu. part1

Sebelum mudik nih ceritanya lagi bingung mencari eferensi bangunan-bangunan khas di daerah yang akan aku kunjungi, karena hampir setiap tahun ke Tawangmangu, uda habis tempat wisatanya, udah pernah kesana semua.hhheee.. nah sekarang jadi muter arah deh cari bangunan yang unik di daerah tersebut. Beberapa bulan lalu kan pernah ikut seminar Arsitektur di Surabaya yang membahas tentang arsitek indonesia generasi pertama. dan salah satu yang menarik perhatian adalah karya liem bwan tjie.

semakin penasaran, akhirnya salah ketemu salah satu blog milik pak Handinoto yang mengulas tentang arsitek generasi pertama indonesia tersebut. hmm sekilas saya baca ternyata Liem Bwan Tjie ini memiliki perjalanan panjang yang asik. mengutip dari blog pak Handinoto yang mana Liem adalah seorang yang kelahiran di Semarang.

Pada th. 1910-1924, di Belanda ia belajar pada Sekolah Teknik Menengah (MTS – Middelbaare Technischeschool) sampai Sekolah Tinggi Teknik Delft di Belanda. Sejak th. 1916 ia sudah bekerja pada kantor-kantor arsitek terkenal seperti: B.J. Ouendag, Michael de Klerk, Gulden en Geldmaker dan Ed. Cuypers di Amsterdam (Dikken, 2002:9). Pada akhir tahun 1929, Liem kembali ke Hindia Belanda dan bekerja sebagai arsitek di kota kelahirannya Semarang. Pada th. 1938, akibat dari tuntutan pekerjaan Liem pindah ke Batavia3. Dari th. 1929 sampai akhir hidupnya (th. 1966), ia terus berkarya sebagai seorang arsitek (https://esubijono.wordpress.com/2009/12/03/liem-bwan-tjie-salah-satu-arsitek-pendiri-iai/)lbt-2a

untuk yang berkaitan dengan profile dari liem bwan tjie suah lengkap di blog tersebut. hmm dan sekarang rasa penasaran saya semakin besar. setelah berada di tawangmangu, 20-23 juli 2015. saya dan rekan mulai mengeksplore yang sudah ada di daftar list, diantaranya rumah karya liem, pabrik penyulingan minyak atsiri dan sebuah bangunan cafe di daerah kemuning, kebun teh.

berbekal sedikit sekali informasi yang saya terima, ditambah lagi hanya sebuah foto hitam putih yang saya dapat dari internet dengan alamat yang tidak tertera, kami berusaha mencarinya di sekeliling kota Tawangmangu. dengan asumsi bahwa bangunan 1930an iu pasti di bangun di pusat kota.

sedikit agak kecewa, karena setelah menanyakan pada teman dan orang-orang di sekitar tawangmangu kota, tidak seorang pun yang mengetahui keberadaan dari bangunan Liem bwan tjie tersebut.dan mau tidak mau harus bertanya pada beberapa orang di lokasi yang menurut kita di situlah lokasinya, kawasan tawangmangu kota yang berjajar villa dan penginapan dengan gaya arsitektur yang hampir sama, modern.

namun sedikit kecewa, dari hampir setiap orang yang kami tanyai, mayoritas tidak mengetahui, ada yang di atas, ada yang di bawah, ada yang bilang letaknya di dekat hotel bintang ada yang di dekat tempat wisata balai kambang.

20150721_104315

20150721_104713

dan yang ketemu adalah villa villa lainya. hmmm.. kecewa. menurut informasi dari bapak parkir dan penjaga villa ini, katanya bangunan yang saya cari itu sudah di robohkan dan di ganti dengan bangunan baru.

sampai sore, kami tidak mendapatkan informasi pasti tentang keberadaan dari bangunan karya arsitek generasi pertama Indonesia.sedikit kecewa, tapi di sisi lain saya masih bisa bersyukur bisa mempelajari sedikit karya arsitek Indonesia.

salam

#arsitek jalan-jalan

Sendang Gile Waterfall- natural waterfall in Senaru-north Lombok Indonesia

With the distance about 60 km from the capital city of West Nusa Tenggara. Its takes about 2-3 hour with car to get to the amazing waterfall.

This waterfall is located at 600 m above sea level and has two level waterfall. The legend said that waterfall’s was taken the villagers that’s found this waterfall when they hunted a crazy lion attacted them. People also believe, if you wash your face there, you will look younger one year then your real age. From the entering gate in Senaru village, visitor have to walk through 315 stairs step when is takes about 20 minutes. All, the effort to the waterfall is worth, since its amazing panorama, clean water and beautiful waterfall.

Just a little bit further there is a second waterfall named”tiu kelep” the view in here have event more astonishing.

IMG_4399 - Copy

IMG_4404 - Copy

we, Mataram’s friend and germany tourism pose behind sendang gile waterfall.

quoted from : travel brochure of West Nusa Tenggara

Kedai Monyet ; Pisang Bakar Selimut, Pisang Bakar Cappucino

hmmm mungkin uda kedenger tu pisang selimut dan pisang cappucino, ya makanan unik khas Bandung tersebut udah membooming di kawasan Bandung dan sekitanya. hmm penasaran, ga usah jauh-jauh harus ke Bandung deh. Pisang selimut- cappucino kedai Monyet sekarang ada di Sidoarjo lho.

Lokasinya berada di kawasan Gading Fajar 2 SDA, jalan ini kan uda terkenal rame dengan pusat jajanannya yang murah meriah. disini lokasinya berada di sisi selatan tepatnya di depan Masjid Sumokali-Gading Fajar 2. Mudah banget kok buat ngetahuinya. kalo dari selatan pasti terlihat dengan  banner dan booth yang mencolok dengan yang lain. Jika dari arah utara harus pute balik dulu gan.

IMG_4178

kedai ini selalu ramai pengunjung yang penasaran dan ingin mencoba makanan ini. beberpa testimoni customer ingin merasakan makanan ini, karena baru dan enak, serta dengan harga yang sangat terjangkau.

IMG_4187

IMG_4191

IMG_4193

IMG_4196

IMG_4200

varian menu disini banyak deh, mulai dari pisang selimut dengan fla cappucino, cokelat, serta dengan topping oreo, keju, cokelat dan banyak lagi.

IMG_4208

IMG_4210

buruan deh iar ga ngiler, dateng aja langsung ke gerai terdekat di Jalan gading fajar 2, Sidoarjo depan masjid Sumokali. dijamin makanan lezat dengan harga yang terjangkau….

MAKET PA 1 # Gazebo #LatePost #semester III# ArchITATS

Arsitektur hmmm adalah salah satu ilmu atau jurusan yang disuka, ya karena itu makanya ngambil Arsitektur di ITATS. pada salah satu matkul perancangan arsitketur 1, dulu kami di suru membuat Gazebo. namanya maba yang antusias banget- maklum masih semester-semester awal hehehe…pada saat itu pemikiran kita masih general tentang Gazebo. dan finally pas pengumpulan dan presentasi, ternyata karya kawan-kawan sangat kreatif-kreatif. Mereka membuat sebuah gazebo dengan pemikiran dan kreatifitas mereka. Ada yang membuat gazebo di kawasan tempat wisata pantai karena sering ke kenjeran, ada yang saking semangatnya sampai membuat maket yang over size- gedee banget, ada juga yang d-sudah kreatif banget membuat sebuah maket(padahal itu adalah maket pertama yang kita buat).

Betbagai inspirasi dan kreatifitas maket kawan-kawan matkul PA1 itu dapat di lihat paa beberapa file dokumentasi di awha ini :

P02-01-12_10-49 P09-01-12_10-11[1] P09-01-12_10-12 P09-01-12_10-13 P09-01-12_10-13[1] P09-01-12_10-13[2] P09-01-12_10-14[1] P09-01-12_10-14[2] P09-01-12_10-16 P09-01-12_10-16[2] P09-01-12_10-17 P09-01-12_10-18 P09-01-12_10-18[1] P09-01-12_10-19 P09-01-12_10-19[1] P09-01-12_10-19[2] P09-01-12_10-20 P09-01-12_10-20[1] P09-01-12_10-21 P09-01-12_10-22 P09-01-12_10-23 P09-01-12_10-23[1] P09-01-12_10-24 P09-01-12_10-24[1] P09-01-12_10-25[1] P09-01-12_10-26 P09-01-12_10-32[1] P09-01-12_10-33[1] P09-01-12_10-38 P09-01-12_10-38[1] P09-01-12_10-40[1] P09-01-12_10-21[1] P09-01-12_10-22[1] P09-01-12_10-27[1] P09-01-12_10-36[1] P09-01-12_10-41 P09-01-12_10-56[1] P09-01-12_10-59

sorry..tidak bisa sebutin satu-persatu karya siapa ini,soalnya ane juga lupa hehehe.. tapi setidaknya ini lah karya maket pertama kami, Mahasiswa Arsitketur ITATS PA1 yang dengan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi.heheheeh.. awesome# sweet memories #PA1 # ARCHITATS2010

Perancangan Arsitektur IV- Showroom Mobil ArchITATS

Late post, baru nemu fotonya soalnya hehehe.. pada Perancangan Arsitektur 4 pagi kala itu di ajar oleh Ibu Ir.Wiwik Widyo Widjajanti, MT dengan tugas Perencanaan dan Perancangan Showroom mobil. hmmm kelihatannya mudah sih, karena kita sering lihat showroom ya gitu-gitu aja, penuh kaca, pake bahan ACP, dengan point view yang ngejreng dan ada area pamer mobilnya.

setelah kita mempelajari dalam desian awal, hmmm mulai deh agak sedikit kebingungan. Dikarenakan harus mengerti tentang modul dan jenis kendaraan, Rotasi kendaraan, dan berbagai kebutuhan untuk service kendaraan tersebut.

langkah awal, kami harus mencari referensi dalam hal ini studi kasus lapangan minimal 2 buah dan studi literatur min 2 salah satu harus dar luar negeri.Setelah kita berkeliling showroom dari berbagai merk mulai dari Toyota sampai Suzuki setidaknya kami mengetahui bahwa sebuah showroom itu memiliki beberapa bagian atau area, diantaranya area pamer dan service perbengkelan.

setelah mengetahui demikian,dalam kedua studi tersebut, kami mengetahui beberapa hal diantaranya showroom itu adalah bangunan komersial yang mana harus menarik pengunjung atau para pengguna jalan ketika melewati jalan di depan bangunan tersebut. dengan demikian, maka untuk area pamer selalu di letakan di area yang mudah dilihat oleh pengguna jalan. dengan penggunaan bahan kaca dll. Yang kedua, bagaimana menciptakan sebuah ciri khas bangunan showroom yang dapat menjadi sebuah identitas bagi produk yang di jual.

untuk area service, selalu di letakan pada bagian yana kurang terlihat. karena ini adalah area service yang berfungsi untuk memperbaiki kendaraan dan berbagai keperluannya.

dengan demikian, kami juga di ajarkan membuat sebuah showroom yang berbeda dengan showroom pada umumnya, disini kreatifitasan mahasiswa diasa. di sini juga kita harus belajar tentang hubungan ruang didlaamnya, besaran ruang, fungsi ruang, dan lain-lain yang mana akan di olah sesuai dengan konsep dan tema yang kaan menghasilkan sebuah desian yang bagus. dan dibawah ini beberapa dokumentasi maket dari kawan-kawan PA 4 :

CIMG3173

loelz

CIMG3174

dimas bimantoro

CIMG3176

Joko tris antoso

CIMG3180

Gadis Permata sari

CIMG3182

sugiharto p

CIMG3186

Dian novita

CIMG3192